You need to enable javaScript to run this app.

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMK Negeri 1 Kendit Tahun Pelajaran 2021/2022

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMK Negeri 1 Kendit Tahun Pelajaran 2021/2022

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter untuk peserta didik SMK Neger 1 Kendit dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 22-23 September 2021 di gelombang kedua dengan peserta diambil secara sampling dari dapodik peserta didik kelas XI. Pelaksaan Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Komputer (ANBK) SMK Negeri 1 Kendit menggunakan 3 Laboratorium Komputer yang terdiri dari Lab. Akuntansi, Lab. Simulasi Digital (SIMDIG), dan Lab. Teknik Komputer dan Jaringan, dimana masing-masing Lab. tersebut ditempati sebanyak 15 peserta. Seluruh peserta, teknisi, proktor dan pengawas pelaksanaan asesmen dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kurun waktu yang sama, semua Pendidik wajib melaksanakan Asesmen Nasional (AN) dengan mengisi Survey Lingkungan Belajar secara mandiri melalui laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/.

Bagi Pendidik yang mengajar lebih dari 1 (satu) Lembaga, maka mempunyai kewajiban mengisi Survey Lingkungan Belajar sesuai dimana Pendidik tersebut mengajar.

Bagikan artikel ini:
Sigit Hindarum, S.Pd. M.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.Salam Sejahtera dan Selamat Datang di website SMKN 1 Kendit Selamat berjumpa di SMKN 1 Kendit melalui media website…

Berlangganan
Banner